Wonderful Cirebon

WELCOME TO MY BLOG

Stasiun Cirebon
   Cirebon tumbuh dan berkembang menjadi kota penuh dengan warisan budaya dan sejarah yang menjadi bagian kebudayaan Cirebon. Dimana telah menjadi bagian penting dari kehidupan bangsa Indonesia dan tercatat sebagai situs sejarah nasional. Tentu saja, banyaknya potensi budaya yang ada di Cirebon, bukan hanya akan mendatangkan wisatawan, melainkan bisa terbukanya lapangan pekerjaan di bidang pariwisata.
  Melalui perkembangan bersatunya beberapa budaya melahirkan kesenian khas seperti Tari Topeng Cirebon. Tari topeng Cirebon biasanya ditampilkan tunggal atau pun berkelompok . Dalam pementasannya menggunakan beberapa jenis topeng yang diperankan sang penari saat pertunjukan diantaranya, Topeng Panji, Topeng Samba, Topeng Rumyang, Topeng Tumenggung dan Topeng Kelanan.
Keraton Kasepuhan
   Keunikan Kota ini bisa dilihat dari 4 Keraton yang masih terjaga dan berdiri kokoh. Hal ini hanya ada di Cirebon, jika dibandingkan daerah lain yang hanya memiliki satu keraton dalam daerahnya. Cirebon memiliki Keraton Kasepuhan, kanoman, Keraton Kacirebonan dan Kaprabonan. Keraton-keraton ini merupakan bukti bahwa di Cirebon pernah menjadi daerah dengan peradaban maju dimasa lampau yang kemudian menjadi daya tarik dimasa kini.
   Dikenal dengan sebutan kota wali. Disini terdapat makam seorang pemimpin yang juga anggota wali songo, beliau adalah Suanan Gunung Jati. Bangunan pada makam ini sangat kental dengan ornamen-ornamen seperti piring asal negeri tirai bambu. Piring ini melekat erat dihampir seluruh bangunan utama dengan perpaduan struktur bangunan yang mengadopsi gaya bangunan Arab. Hingga saat ini, makam ini banyak sekali dikunjungi peziarah setiap harinya, dan merupakan salah satu destinasi wisata religi yang wajib untuk dikunjungi.
Gua Sunyaragi
   Selain itu di Cirebon terdapat salah satu taman peninggalan sejarah yang mungkin hanya ada satu-satunya di dunia dan hal ini hanya ada di Cirebon. Taman Gua Sunyaragi, merupakan sebuah taman dengan sebagian besar bangunan yang terbuat dari batu karang. Batu karang ditumpuk dan dibentuk sedemikian rupa hingga terbentuk susunan yang unik seperti sebuah istana megah. Tak hanya disitu saja, di area ini terdapat gua yang konon menurut cerita gua ini dapat langsung menghubungkan dengan kota Mekkah di Arab Saudi. Nama “Sunyaragi” berasal dari kata “sunya” yang memiliki arti sepi dan “ragi” yang berarti raga, keduanya adalah bahasa Sanskerta. Tujuan utama didirikannya gua tersebut adalah sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Telkom University

Kesan Tinggal di Asrama, Lingkungannya, Tempat Kuliner yang Ada di Sekitar Kampus Telkom University